Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya, Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan didukung oleh 3 (tiga) Bidang, 7 (tujuh) Subbidang, 1 (satu) Subbagian Tata Usaha, dengan Tugas dan Fungsi sebagai berikut :
  • Bidang Data dan Informasi Pelatihan, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja

    Bidang Data dan Informasi Pelatihan, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang pelatihan dan produktivitas, serta penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.
    Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pelatihan dan Produktivitas serta Penempatan Tenaga Kerja menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :
    1. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang pelatihan dan produktivitas, serta penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja;
    2. Penyiapan bahan pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang pelatihan dan produktivitas, serta penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja; dan
    3. Penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan data dan pelayanan data dan informasi di bidang pelatihan dan produktivitas, serta penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.

    Bidang Data dan Informasi Pelatihan, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja terdiri dari 2 (dua) Subbidang, dengan tugas sebagai berikut :
    1. Subbidang Data dan Informasi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang pelatihan dan produktivitas tenaga kerja.
    2. Subbidang Data dan Informasi Penempatan Tenaga Kerja mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.
  • Bidang Data dan Informasi Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan

    Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja, serta pengawasan ketenagakerjaan dan keselamatan dan kesehatan kerja.
    Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Data dan Informasi Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :
    1. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program pengeloaan dan pelayanan data dan informasi di bidang hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja, serta pengawasan ketenagakerjaan dan keselamatan dan kesehatan kerja;
    2. Penyiapan bahan pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja, serta pengawasan ketenagakerjaan dan keselamatan dan kesehatan kerja; dan
    3. Penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja, serta pengawasan ketenagakerjaan dan keselamatan dan kesehatan kerja.

    Bidang Data dan Informasi Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan terdiri dari 2 (dua) Subbidang yang mempunyai tugas sebagai berikut :
    1. Subbidang Data dan Informasi Hubungan Industrial, mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja.
    2. Subbidang Data dan Informasi Pengawasan Ketenagakerjaan, mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan dan pelayanan data dan informasi di bidang pengawasan ketenagakerjaan dan keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Sumber Daya Informatika

    Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Sumber Daya Informatika mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan sistem informasi, sumber daya informatika dan penyajian informasi ketenagakerjaan, serta pelaksanaan layanan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (LPSE) di Lingkungan Kementerian.
    Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Sumber Daya Informatika menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :
    1. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program di bidang pengembangan sistem informasi, sumber daya informatika dan penyajian informasi ketenagakerjaan;
    2. Penyiapan bahan pelaksanaan di bidang pengembangan sistem informasi, seumber daya informatika dan penyajian informasi ketenagakerjaan;
    3. Penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan sistem informasi, sumber daya informatika dan penyajian informasi ketenagakerjaan; dan
    4. Penyiapan pelaksanaan pelayanan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (LPSE) di Lingkungan Kementerian.

    Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Sumber Daya Informatika terdiri atas 3 (tiga) Subbidang, dengan tugas sebagai berikut :
    1. Subbidang Pengembangan Sistem Informasi, mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan sistem informasi ketenagakerjaan.
    2. Subbidang Pengembangan Sumber Daya Informatika, mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan sumber daya informaika Ketenagakerjaan.
    3. Subbidang Penyajian Informasi Ketenagakerjaan, mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, pelaksanaan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penyajian informasi ketenagakerjaan.
  • Sub Bagian Tata Usaha

    Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan urusan tata usaha, kepegawaian, keuangan dan penatausahaan barang milik negara, dan rumah tangga Pusat.